Sabtu, 15 November 2014

Pengertian Kuku


Kuku merupakan tambahan pada kulit, dimana kuku adalah sel epidermis yang berubah bentu. Bagian kuku yang ada didalam kulit disebut sebagai akar kuku yang tertanam di palung kuku di dekat tulang. Kuku tumbuh dari akar kuku dengan kecepatan rata-rata 1mm per minggu. Kecepatan ini tergantung dari tingkat nutrisi seseorang. Secara kimiawi, kuku terbentuk dari keratin protein yang hampir sama dengan rambut, mengandung sebagian besar adalah sulfur dan kalsium. Kuku yang baik adalah kuku yang tidak terlalu tebal, juga tidak terlalu tipis, sehingga cukup kuat dan tidak rapuh. Kuku dapat dijadikan indikator apakah seseorang itu rajin menjaga kesehatannya atau tidak. Kuku yang bersih dapat menambah kepercayaan diri dan lebih menyehatkan. Cara menjaga kebersihan kuku antara lain sebagai berikut :


Fungsi Kuku

Kuku mempunyai 2 fungsi utama. Fungsi pertama yang diketahui secara umum ialah memberikan lebih sensitiviti terhadap deria sentuh. Ujung jari diliputi dengan reseptor yang banyak yang membenarkan kita menerima maklumat dengan lebih efektif apabila kita menyentuh sesuatu objek. Kuku bertindak sebagai penentang daya yang menambahkan lagi sensitiviti kulit, walaupun pada kuku itu sendiri tidak mempunyai saraf reseptor.

Fungsi Perawatan Kuku

Merawat kuku merupakan salah satu aspek penting dalam mempertahankan perawatan diri karena berbagai kuman dapat masuk kedalam tubuh melalui kuku. Oleh sebab itu, kuku seharusnya tetap dalam keadaan sehat dan bersih.Menjaga kebersihan kuku merupakan salah satu aspek penting dalam mempertahankan perawatan diri, melalui kuku berbagai kuman dapat masuk ke dalam tubuh, untuk itu seharusnya kuku tetap dalam keadaan sehat dan bersih. Secara anatomis kuku terdiri atas dasar kuku, badan kuku, dinding kuku, kantung kuku, akar kuku, dan lunula. Kondisi normal kuku ini dapat tcrlihat halus, tebal kurang lebih 0,5 mm, transparan, dasar kuku berwarna warna merah muda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengertian dan Cara Merawat Kuku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada